INCREASE Indonesia Di IIMS 2018: Gairahkan Entry Level Di Segmen Baru, Custom Bikes

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 adalah debut INCREASE Indonesia dalam gelaran akbar pameran otomotif di Tanah Air. Justru di IIMS 2018 inilah, INCREASE Indonesia melakukan soft launching di main stage megah yang telah disediakan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara.  Dan ini harus kita apresiasi bersama karena Dyandra sudah mendukung kelahiran asosiasi yang beranggotakan para pelaku industri kreatif otomotif ini sejak awal.

Terima kasih juga kepada teman-teman custom bike builders, pengusaha clothing dan apparels serta riding gear, custom parts dan juga seniman artworks yang selama 11 hari gelaran IIMS 2018 (19 hingga 29 April 2018) di JI Expo Kemayoran. Berkat kerjasama dengan satu visi untuk memajukan industri kreatif otomotif, booth INCREASE Indonesia ini tak pernah sepi dari pengunjung. Bahkan di saat weekdays pun, pengunjung sudah berbondong-bondong datang untuk melihat motor custom milik Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo yang turut dipamerkan di booth INCREASE Indonesia, bersama dengan motor-motor kreasi anak Bangsa, dan tentu saja produk-produk yang mereka pamerkan.

Khusus untuk Bapak Jokowi, INCREASE Indonesia menghaturkan apresiasi yang setinggi-tingginya. Keikutsertaan motor chopper RI 1 ini secara tidak langsung menunjukkan support yang diberikan Beliau kepada movement ini.


Ya, seperti motto yang dibawa INCREASE Indonesia dalam IIMS 2018 ini, ‘The Movement That Moves The Industry.’ Semua ini hanya bisa terwujud dengan dukungan Pemerintah dan semua elemen di bawahnya. Dan kehadiran Bapak Jokowi di hari pertama pembukaan IIMS 2018 ke booth INCREASE Indonesia menunjukkan semangat itu.

“Di tengah jadwal Beliau yang sangat padat, hingga beberapa kali terjadi reschedule sebelum hari H menunjukkan betapa Bapak Jokowi sangat serius dalam mendukung gerakan untuk memajukan industri kreatif otomotif ini. Hal ini persis dengan apa yang diutarakan Beliau kepada kami saat turing ke Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (08/04/2018) bersama dengan rombongan bikers menggunakan motor chopper miliknya,” buka Djoko Iman Santoso selaku Ketua dan Founder INCREASE Indonesia.


“Dan hari ini kita kembali menyaksikan, Bapak Jokowi memenuhi janjinya kepada kita semua waktu itu untuk datang ke booth INCREASE Indonesia dan sekaligus membuka IIMS 2018,” lanjut Djoko Iman Santosa yang juga memberikan apresiasi kepada Heret Frasthio (Elders Garage) dan Veroland (Kickass Choppers) selaku pembuat chopper RI 1, yang turut berjasa dalam movement INCREASE Indonesia ini.


Kehadiran Bapak Jokowi dan motor chopper-nya di IIMS 2018 ini juga mendapat apresiasi tinggi dari pihak Dyandra Promosindo. “Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam pembukaan IIMS 2018 ini memberikan gairah bagi masyarakat untuk datang ke IIMS. Pengunjung yang belum pernah hadir ke IIMS jadi datang ke pameran ini. Ini segmen baru,” ujar Hendra Noor Saleh, selaku Direktur PT Dyandra Promosindo, seperti yang kami kutip dari Bisnis.com.

Penuturan ini benar adanya. Sebab dari interaksi yang kami lakukan dengan para pengunjung selama 11 hari gelaran tersebut, kami sendiri melihat adanya segmen baru untuk pengunjung di sebuah acara yang memamerkan motor-motor custom dan atributnya.


“Selama ini kami banyak berkecimpung di acara-acara custombike show atau kontes motor-motor custom. Biasanya, pengunjung adalah orang-orang yang sudah tahu motor custom atau para peserta kontes itu sendiri. Jadi mereka sekedar datang untuk melihat seperti apakah trend terbaru, sekedar cari inspirasi untuk motor yang akan atau sedang dibuatnya, atau sekedar ingin tahu apakah motornya menang atau tidak. Tapi di IIMS ini beda. Para pengunjung yang datang adalah orang-orang awam, yang ingin tahu seperti apakah motor custom itu, sampai-sampai Presiden pun pengin punya motor custom. Memang harus diakui terjadi Jokowi Factor di suksesnya acara INCREASE Indonesia dan IIMS 2018 ini,” jelas Indramawan yang juga adalah Founder dari INCREASE Indonesia.

Fakta lain bahwa Jokowi Factor ini turut menggairahkan industri kreatif otomotif ini adalah, banyak pengunjung yang kemudian tak hanya datang melihat, tapi juga ingin ikut-ikutan meng-custom motor miliknya di garasi rumah. Bahkan ada juga yang datang dan ingin langsung beli motor yang dipajang. Mereka baru tahu bahwa motor yang dipajang itu tidak bisa didapatkan di showroom manapun, dan hanya bisa dipesan ke custom garage atau workshop. Mereka juga baru saja tahu bahwa motor-motor custom ini dibuat oleh anak Bangsa!

Ya, mereka adalah konsumen entry level untuk segmen baru, custom bikes! Dan mereka semua yang datang berkunjung memberikan apresiasi kepada kami dan memberikan semangat untuk terus maju. “Wah hebat ya Anak-Anak kita… Bisa bikin motor seperti ini.” “Maju terus pokoknya! Kalau bisa ke depan harus bisa bikin mesin sendiri…”


Begitulah beberapa quotes dari pengunjung yang menunjukkan antusiasme di segmen baru. Paling tidak, inilah yang dirasakan para anggota INCREASE Indonesia, yang kebanjiran order pemesanan, yang tak hanya datang dari dalam negeri, tapi juga luar negeri. Hingga gelaran IIMS 2018 ini usai pun, order itu terus berdatangan.


Pihak Dyandra Promosindo telah menginformasikan, IIMS 2018 telah mencetak angka fantastis setelah 11 hari pelaksanaan. Tercatat lebih dari 526.431 pengunjung hilir-mudik dan ini menjadi rekor baru bagi Dyandra Promosindo selama melaksanakan pameran lebih dari 20 tahun.


Jumlah pengunjung ini berbanding lurus dengan total nilai transaksi yang juga meningkat menjadi Rp 3,7 T (tahun 2018 sebesar Rp 3,2 T). Itupun diyakini, angka riil masih jauh lebih besar, mengingat masih sangat lemah  tradisi dan kesadaran melaporkan jumlah SPK dari APM dari brand motor dan aksesoris/aftermarket ke pihak organizer.


Bagi kami, prestasi yang diraih Dyandra Promosindo ini juga menjadi prestasi dan penyemangat bagi kami, di awal terbentuknya INCREASE Indonesia. Untuk itu, mari kita teruskan pergerakan ini!




Terima kasih kepada:

Dyandra Promosindo, Chopperland (Kickass Chopper & Elders Garage), Monochrome Performance, Imagineering Custom, Ri-Ko Custom, Greyhead Customland, White Collar Bike, KromWork Garage, Baru Motor Sport, Rich Richie Ride & Garage, Puspa Kediri Custom, Yasahii Garage, Speed King Garage, Wawan Junx (69 Nerakatau Inc.), Syntia Wijaya (SYNC Design), Muhammad Yudiansyah (Yudi 3D), Franky Mori Astarianto (Yasashii Garage), Gentlemen’s Pact, Papabro Motorgears, Java CNC Parts, Geba Parts Indonesia, Beryl’s Garage, dan semua pihak yang telah mendukung INCREASE Indonesia.

© 2018 by Increase Indonesia

  • Facebook - White Circle
  • Instagram - White Circle

CONNECT WITH US

ADDRESS

Jalan Kayu Putih Selatan I no. 68

Jakarta Timur, 13260

EMAIL

WHATSAPP