Standarisasi & Legalitas Motor Custom

Upaya Bersama INCREASE Indonesia & Motor Plus

Kustom Voice adalah acara baru di Jakarta Motogarage yang digelar Motor Plus di markas besarnya yang ada di Jalan Panjang, Kebon Jeruk - Jakarta Barat (10/03/2018) lalu. Dengan mengusung tema, Potensi Industri Kreatif Roda Dua Di Dunia International, acara talkshow yang digagas oleh tabloid roda dua nomor satu di Indonesia ini berupaya untuk menyuarakan dukungan dari semua pihak demi mendorong kemajuan di sektor ini.


“Kami memilih tema ini, karena melihat dinamika industri kreatif roda dua yang sudah semakin berkembang dan siap go international. Namun di satu sisi, masih ada juga kendala seperti legalitas untuk motor kustom sebagai salah satu bentuk industri kreatif. Karena itu, pada kesempatan ini kami juga mengundang pihak Kepolisian, untuk memberikan arahan kepada kami semua,” buka Eka Budhiansyah, Editor in Chief Tabloid MOTOR Plus.

Hal ini mendapat sambutan positif dari Heret Frasthio dari Chopperland (kolaborasi Elders Company dan Kickass Choppers) yang juga didaulat untuk menjadi pembicara dalam Kustom Voice.


“Terus terang, kami sebenarnya juga ingin tahu, seperti apa detail pengurusan legalitas motor custom itu,” ujar Heret yang juga adalah penggagas berdirinya Gentlemen’s Pact penggiat industri kreatif untuk motor custom, artwork, dan fashion.


Menanggapi hal ini, M. Fahri Siregar, SH, SiK, MH Kasi SIM Polda Metro Jaya mengatakan, pihak Kepolisian siap mendukung dinamika industri kreatif roda dua Tanah Air yang semakin berkembang dan go international.


“Hanya saja di satu sisi, kami juga punya kewajiban untuk memastikan legalitas motor-motor yang dimodifikasi itu, apakah sudah mempunyai Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT),” ujar M. Fahri Siregar yang menyambut positif upaya yang dilakukan oleh Elders Company karena bisa menjadi raw model bagi workshop lain.

Veroland dari Kickass Choopers juga menghimbau kepada MOTOR Plus untuk melakukan pendekatanpendekatan kepada bengkel dan juga para penggemar motor custom untuk mengkampanyekan gerakan legalitas ini lewat berbagai cara.


“Misalnya dengan membuka kelas Street Legal di kontes modifikasi, sehingga orang bisa tahu, seperti apa motor custom yang layak dipakai di jalan itu,” komentar Vero.

SOSIALISASI BERDIRINYA ASOSIASI INDUSTRI KREATIF RODA DUA

Sejurus dengan upaya untuk memajukan industri kreatif roda dua Tanah Air, pada acara Kustom Voice kali ini MOTOR Plus turut mengundang Djoko Iman Santoso selaku senior builder yang saat ini aktif menggalang dukungan demi kemajuan di sektor ini.


“Beberapa tahun ini kami banyak melakukan audiensi dengan para pelaku industri kreatif roda dua di Tanah Air untuk mendengarkan langsung kendala-kendala apa saja yang mereka hadapi,” buka Djoko Iman Santoso yang sebelumnya telah lama malang melintang di dunia modifikasi motor bersama bengkel Monochrome.


“Dari sini kami melihat, sudah saatnya ada sebuah asosiasi yang mewadahi para pelaku industri kreatif otomotif, sekaligus menjadi penghubung dengan pihak-pihak terkait, seperti Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF),” lanjut pria asal Surabaya yang pernah sukses membawa beberapa builder Tanah Air yang tergabung dalam Indonesian Bike Builders Team (IBBT) ke Malaysia dalam putaran AMD (American Motorcycle Dealer) Championship of Custom Bike Building di ajang Asian International Motorcycle Expo 2007 silam.


Untuk itulah Djoko Iman Santoso menginfokan di ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) tanggal 19–29 April 2018, pihaknya akan melakukan soft launching berdirinya INCREASE (Innovative & Creative Automotive Society) Indonesia.


“Pada kesempatan kali ini, kami mohon dukungan dari semua pihak dan teman-teman sekalian, termasuk MOTOR Plus sebagai media otomotif nasional, supaya kami bisa ikut berpartisipasi memajukan industri kreatif Tanah Air,” kata Djoko Iman Santoso.


Foto: Herwindo Yudhanata, Motor Plus, Dok. INCREASE Indonesia

© 2018 by Increase Indonesia

  • Facebook - White Circle
  • Instagram - White Circle

CONNECT WITH US

ADDRESS

Jalan Kayu Putih Selatan I no. 68

Jakarta Timur, 13260

EMAIL

WHATSAPP