Suzuki A100 1982 (GDZH Custom Cycle - Jombang)

Awalnya, David, pemilik Suzuki A100 ini hanya sekedar restorasi saja. Tapi ketika proses berlangsung, dia berubah pikiran.


"Apa A Cepek bisa dicustom lagi ya?" buka Dana Prasetya, builder GDZH Custom Cycle menirukan omongan pelanggannya. “Kemudian saat itu juga saya jawab, bisa!"


Dari sini Dana mengusulkan motor dibikin café racer saja. Sebab di jamannya dulu, A100 termasuk motor idola anak muda buat kebut-kebutan di jalan dan trek balap. ”Dan ternyata ide ini langsung disetujui," lanjut Dana.


Bagi Dana, proyek ini sangat menarik, karena menjadi tantangan baru baginya. “Tahu sendiri kan. A100 bukan motor favorit untuk di-custom. Bentuknya cungkring, sehingga butuh waktu lama untuk menentukan dimensi motor yang tepat, supaya terlihat kompak dan padat,” senyum Dana yang mengangkat konsep simple vintage café racer.


Naskah: Indramawan

Foto: Increase Indonesia


Rangka & Kaki-Kaki

Untuk memunculkan konsep simple vintage café racer ini, tampilan motor harus dibuat sederhana, kompak, dan ringan. Meski demikian, rangka sebagian besar masih standar.



“Kami hanya bermain pada jarak sumbu roda (wheelbase) yang lebih pendek sekitar 5 cm, dan tinggi motor yang dibuat lebih rendah 8 cm dari A100 standar,” jelas Dana sambil menambahkan, dengan wheelbase lebih pendek ini diharapkan motor lebih lincah bermanuver.



Untuk itu, sudut sokbreker belakang dibuat lebih kecil atau rebah dari posisi standar. Selain itu, penggantian swingarm juga dilakukan karena alasan estetika.


“Supaya tampilan lebih simple, karena modelnya hanya berupa pipa sederhana, dan lebih pendek 3 cm dari aslinya. Tampilan motor lebih padat, selain jarak wheelbase lebih pendek sehingga motor lebih lincah bermanuver,” jelas Dana.



Sama seperti sokbreker belakang, fork depan juga mengalami penyesuaian supaya lebih proporsional. “Karena itu dipotong 4 cm,” tunjuk Dana yang berusaha tetap mempertahankan unsur klasik. Karena itu dia tetap memakai sistem pengereman model drum brake, meski ban sudah pakai model slick tanpa kembangan seperti yang kerap dipakai motor balap.

Bodi

Untuk menjaga ciri utama motor, tangki sebagai fokus utama memakai punya A100 model A3. Baru untuk bagian bodi yang lain, Dana membuatnya sendiri dari bahan plat. Sebut saja hornet di bagian belakang dan visor yang membungkus headlamp custom.



“David kasih nama Storm untuk motor ini. Tujuannya untuk menggambarkan motor yang berasap, berisik, tapi kencang seperti badai,” senyum Dana sambil menjelaskan angka 27 yang terpasang pada bodi adalah tanggal lahir David.



Mesin

Yang unik dari motor ini adalah silinder block assy, yang merupakan racing kit langka merek Parila khusus untuk Suzuki A100.



“Pemilik motor ini suka berburu barang klasik. Dan dia dapat blok itu dari teman di Blitar. Katanya sih, eks pembalap era tahun 1970 – 1980,” info Dana.


Untuk mengimbangi ubahan di sektor mesin ini, dipasanglah karbu gambot Keihin PWK 28mm agar suplai bahan bakar makin deras mengucur ke ruang bakar. “Kami menyesuaikan dengan konsep racer. Jadi meskipun gayanya tua, tapi tenaganya enggak kalah sama motor yang muda-muda,” senyum Dana.



Tak hanya pasang karbu gede, knalpot juga perlu didesain ulang. Selain untuk memenuhi kebutuhan mesin, juga untuk menunjang tampilan silinder bloknya.


“Karena itu, desainnya sengaja dibuat melingkar blok dengan luwes. Sekalian tampilan kolong jadi makin bersih,” kata Dana yang memesan knalpot ini ke pengerajin knalpot lokal di Kota Jombang.



Data modifikasi

Ban: IRC Fasti slick soft compound 90/80 (depan), 110/70-17 (belakang)

Pelek: Venom M shape 185x17 (depan), 215x17 (belakang)

Bodi: custom (plat)

Tangki: Suzuki A3

Setang: custom (aluminium)

Swingarm: custom

Headlamp: custom

Fork depan: Kawasaki KH100

Sokbreker belakang: Answer 230

Steering damper: KTC

Lampu sein: custom

Footstep: custom

Cover magnet: custom

Jok: custom

Intake/bak mesin: custom karbu besar

Aksesori lain-lain: custom (aluminium)

Bengkel:

GDZH CUSTOM CYCLE

Jl. Gubernur Suryo,Gg IV, Blok B, No 17

Kab. Jombang, Kec. Jombang, Jawa Timur. Kode Pos 61418

Telp. (0321) 860040

Hp: 081 2524 52521




© 2018 by Increase Indonesia

  • Facebook - White Circle
  • Instagram - White Circle

CONNECT WITH US

ADDRESS

Jalan Kayu Putih Selatan I no. 68

Jakarta Timur, 13260

EMAIL

WHATSAPP